Apakah Perlu Update Driver VGA?


Driver VGA adalah software yang di gunakan pada VGA untuk optimalisasi dan untuk menghubungkan hardware ke operating system. Setiap beberapa jangka waktu, biasanya akan ada update driver dari VGA. Tujuan dari update driver oleh AMD/Nvidia adalah untuk memperbaiki bug atau problem yang ada dari driver sebelumnya.

Lalu, apakah update driver VGA setiap ada driver baru itu penting??

Jawabannya adalah tidak, ada beberapa alasan yang hal ini berdasarkan pengalaman saya menggunakan driver khususnya driver AMD. Saya ceritain pengalaman saya dulu ya. VGA yang pertama kali saya gunakan adalah Nvidia 9400GT. Begini penampakannya:
Jadul AF

Dulu saya jarang bahkan gapernah update driver, tapi itu karena emang dulu jaman susah sih hehe jadi gaada internet yang bisa ngebut. Dulu cuma pake ceria yang kecepatannya lebih lemot dari siput.

Yang diatas selingan aja ya, nah lalu saya upgrade VGA jadi HD5830. Pertama kali pake driver yang bawaan dari kaset, lancar-lancar aja aman. Sempat update driver beberapa kali juga tidak masalah, namun pernah sekali drivernya seperti tidak cocok. Komputer saya alhasil “ngehang” dan si VGA ini tiap nyalain komputer warnanya berubah dari bener terus jadi black and white dan mati.

Akhirnya saya pun memutuskan untuk install lagi driver lama saya, kebetulan mobonya dulu masih ada VGA onboard jadi rada aman gaperlu install ulang OS. Sejak saat itu sebenarnya saya tidak lagi mengupdate driver, sebab itu VGA lahir tahun 2010 sedangkan driver yang saya gunakan tahun 2014. Jadi, ya mungkin faktor usia pikir saya.

Setahun yang lalu, saya memutuskan upgrade VGA lagi. Kali ini ke R9 380, agak nyesel sih baru berapa bulan langsung keluar RX470. Nah si R9 380 ini kan baru, saya pun selalu update driver. Gaada masalah, tapi akhir taun kemarin muncul masalah. Saya lupa driver yang mana, masalahnya adalah setiap komputer nyala, baik posisi idle maupun load. Selalu gpu loadnya 100%, yang suaranya dan temperaturnya selalu bikin saya panik.

Dan terpaksa, saya balik lagi ke driver sebelumnya. Anehnya, masalah tersebut ga ilang. Karena bingung, saya terpaksa pake itu VGA sampai update terbaru muncul. Dan beruntungnya, malah si 380 kembali normal. Bingung saya hehe.

Jadi, sebenarnya untuk masalah driver VGA ada beberapa hal yang harus diperhatikan. 

WHQL 
Apa itu WHQL? WHQL adalah singkatan dari “Windows Hardware Quality Labs”. Jika kalian lihat disitus AMD atau Nvidia bagian driver, pasti akan ada yang punya label WHQL dan ada yang tidak. Yang punya label ini artinya sudah dites dan diverifikasi oleh windows bahwa driver tersebut bersih dari bug dan masalah-masalah lainnnya. 

Compatibility 
Nah kalo yang ini mah, masalah logika aja. Kalo kalian misalnya punya VGA tipe R9, jangan pake driver buat HD5xxx. Pasti salah itu hehe. Dan biasanya kalo di web udah diarahkan kok, jadi ga pusing-pusing lagi buat nyarinya. Selain itu pilih driver yang sesuai OS kamu ya, x64 untuk 64bit dan x86 untuk 32bit. 

Jangan Terburu-Buru Update 
Jika ada update dari software, jangan buru-buru diupdate. Misalnya udah nyaman nih sama yang sebelumnya biarin aja. Kalo emang udah kelamaan boleh tuh nanya di forum-forum mana driver terbaru yang dijamin gaada masalah. 

Setiap VGA Berbeda
Yang saya maksud disini bukan beda tipe ya. Kalo beda tipe mah ya emang beda. Maksudnya saya adalah VGA dengan merk dan jenis yang sama bisa saja berbeda. Misal saya punya VGA Powercolor R9 380 dan kalian juga sama. Bukan berarti driver yang saya pakai akan nyaman di VGA kalian begitupun sebaliknya.

Mungkin sekian mengenai apakah perlu update driver VGA dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih driver. Terimakasih sudah membaca.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment