Spesifikasi-Spesifikasi yang Ada pada VGA



Sebagai orang yang sering menggunakan komputer dan cukup hobi di bidang ini, setidaknya harus tahu macam-macam komponen yang ada di komputer. Salah satu komponen tersebut adalah VGA, untuk seseorang yang suka bermain game wajib hukumnya untuk mengetahui komponen yang satu ini.

AMD dan Nvidia selalu memberi spesifikasi pada produk mereka yang pasti sudah banyak diketahui, tapi apakah kita sudah mengerti apa yang dimaksud dari spek tersebut? Berikut penjelasan tentang spek-spek yang ada di VGA.

CUDA Cores/ Stream Processors:
Istilah CUDA yang dimiliki NVidia sebenarnya sama dengan istilah Stream Processors milik AMD. CUDA/Stream ini adalah bahasa pemrograman khusus yang dapat meningkatkan performa GPU dengan cara yang spesifik. Setiap GPU dapat mengandung ratusan sampai ribuan CUDA core. Perubahan arsitektur pada tiap generasi membuat komputasi semakin cepat. Semakin besar/banyak CUDA cores, semakin cepat performa komputasinya.

Texture Unit:
Maksud dari texture unit ini adalah berapa banyak unit pengolahan yang berhubungan dengan tekstur maupun gambar, semakin besar maka semakin cepat pengolahan tekstur. Diperlukan untuk orang yang butuh rendering dalam pekerjaannya.

Base Clock:
Merupakan frekuensi minimum saat VGA digunakan. Bila Base Clock VGA anda 1000MHz, artinya saat ada di idle seminimal-minimalnya frekuensi akan berada di 1000MHz. Bagi kalian yang tidak ingin melakukan overclocking sebaiknya base clock ini cukup diperhatikan.

Boost Clock:
Merupakan frekuensi yang akan didapatkan jika melakukan penambahan power (overclocking) pada VGA.

ROPs (Render Output Unit/Rasters Operation Pipelines):
Merupakan komponen yang berfungsi untuk final step pada rendering. Buat gaming sebenarnya kurang berpengaruh karena lebih ke proses komputasi daripada penampilan data visual.

FLOPS (Floating Point Operation Per Second):
Adalah ukuran dalam mengukur performa komputer. Seperti pengertiannya, sekakin besar FLOPS yang dimiliki maka semakin baik performa komputer.

Memory Clock:
Hal ini merupakan kecepatan informasi bergerak dari komponen ke komponen lain. Jadi semakin besar memory clock, semakin cepat informasi bergerak. Untuk VGA-VGA terbaru biasanya memiliki kecepatan diatas 1 GBps. Selain itu biasanya pada memory clock dicantumkan DDR (Double Data Rate) yang gunanya melipat gandakan kecepatan read/write dari memory clock. Semakin baru DDR, semakin besar pelipat gandaannya dan penggunaan energi lebih sedikit.

Memory Bus Interface/Bandwidth:
Seperti namanya, memory ini adalah jalur atau jalan bergeraknya informasi dari satu komponen ke komponen lainnya. Satuan dari bandwidth ini adalah –bit. Semakin besar memory bandwidth, semakin besar jalan, semakin ngebut informasi bergerak.

VRAM (Video Random Access Memory):
Merupakan data acak yang diperlukan untuk menampilkan data secara visual, VRAM ini cukup berpengaruh dalam factor resolusi. Sebab semakin besar resolusi, semakin banyak data yang dibutuhkan karena memiliki pixel lebih banyak. Untuk gaming jaman sekarang, minimal VRAM yang optimal 4GB lah.

TDP (Thermal Design Power):
Adalah penggunaan power maksimum yang bisa dilakukan oleh VGA. Semakin berat pekerjaan VGA, maka power consumptionnya pun akan meningkat. Hal ini berpengaruh dalam pemilihan Power Supply. Sebab jika TDP VGA kita lebih besar dari power yang dihasilkan PSU ya jebol PSUnya dan bahkan bisa menyebar ke komponen yang terhubung dengan PSU.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment