Hardware Utama pada Komputer Gaming



Sebagai seseorang yang suka bermain PC games atau sebutan kerennya PC gamers wajib hukumnya kita mengetahui komponen-komponen utama yang kita gunakan. Mengapa? Karena untuk mencapai performa yang kita inginkan diperlukan pengetahuan spesifikasi sehingga game dapat berjalan dengan lancar jaya.

Bagi kalian yang sering main PC game apakah sudah tau bahwa komputer yang kalian gunakan sudah memenuhi standar kesehatan dan keselamatan kerja? Eh, maksudnya standar komputer untuk pc gaming? Jika kurang paham, akan saya jelaskan beberapa komponen atau hardware utama yang wajib kalian ketahui secara umum. Untuk pemilihan hardware secara khusus akan saya jelaskan pada postingan yang berbeda nantinya.

Prosessor

Benda yang satu ini wajib kalian ketahui karena merupakan otak dari sebuah komputer. Komputer akan sangat berpengaruh jika game yang kalian mainkan adalah CPU-Bound. Pilihlah prosessor yang kira-kira bakal sesuai dengan harapan performa yang kamu inginkan. Ada harga ada performa hehe.

Jangan lupa pemilihan prosessor dan motherboard haruslah sesuai. Jadi baca baik-baik terlebih dahulu prosessor kalian apakah cocok dengan motherboard yang kalian inginkan. Selain itu prosessor ada baiknya dipilih yang terbaru agar menyesuaikan kebutuhan dan perkembangan teknologi. Tapi boleh juga pilih 1 generasi dibelakang yang performanya lebih baik dari prosessor terbaru. Misal ambil i5 4460 ketimbang i3 7100.

Lalu prosessor harus diberi heatsink fan (hsf) supaya tidak overheat (kepanasan), jaga kipas tetap bersih dari debu. Jangan lupa ganti thermal paste jika sudah dirasa kering. Tujuan thermal paste adalah menghantarkan panas dari prosessor ke hsf.

Motherboard

Motherboard atau biasa disebut mobo adalah papan yang menghubungkan semua komponen agar dapat berjalan dengan optimal. Ingat pemilihan mobo harus sesuai dengan prosessor. Hal yang harus diperhatikan dari mobo adalah compatibility-nya.

Selain itu pemilihan motherboard ini juga berhubungan dengan pemilihan casing. Pemilihan motherboard ambil yang punya garansi panjang, sebab sekalinya durabilitas adalah hal utama yang harus dimiliki motherboard.

RAM (Random Access Memory)

RAM berguna untuk mengurusi masalah-masalah multitasking, lagi-lagi jangan lupa sesuaikan RAM dengan motherboard. Jangan sampai mobo ddr3 dipasang ddr4 ya hehe. Oiya DDR sebelumnya sudah saya jelaskan di 'Spesifikasi-Spesifikasi yang Ada pada VGA' yang intinya kurang lebih tidak beda jauh.

Better clock speed, better performance. Pilihlah mobo dengan clock speed yang cukup besar, minimal 1866 lah tapi sesuaikan lagi sama mobonya. Lalu RAM bukanlah sesuatu yang masif pengaruhnya pada gaming. Sampai saat ini 8GB masih menjadi standar yang sangat cukup untuk sebuah RAM.

VGA (Video Graphics Array)

VGA merupakan otak utama pada gaming. Sebab rata-rata game adalah GPU-Bound. Pemilihan VGA pastinya yang punya teknologi terbaru. Dalam konteks ini DDR5 minimal. Lalu sesuaikan dengan resolusi monitor yang dimiliki. Power (TDP) VGA juga akan sangat berpengaruh ke PSU (Power Supply). Jadi pilihlah VGA dengan bijak.

Ambil VGA yang punya merk ternama, silakan baca ‘5 Hal yang Harus Diketahui Tentang VGA’ untuk lebih detailnya. Oiya sampai saat ini jika main di resolusi tinggi (diatas 1080p) 4GB minimal VRAM. Coba incar VGA lama sebab kadang harganya setara VGA baru tapi performa maknyos.

Storage

Storage adalah komponen yang fungsinya sebagai ruang penyimpanan. Ada 2 pilihan dalam hal ini yakni SSD dan HDD. SSD punya kecepatan read/write jauh lebih cepat dari HDD.

Pemilihan storage ini sebaiknya mengambil keduanya. SSD untuk Operating System (OS) biar ga lelet dan HDD untuk penyimpanan yang lainnya. Menurut saya SSD 256GB dan HDD 1TB merupakan opsi paling optimal.

Itulah 5 komponen utama yang harus kalian ketahui pada komputer gaming, bijaklah dan pikirkan baik-baik sebelum memilih komponen. Jika belum tau cara merakit yang cepat dan mudah, bisa baca di 'Cara Merakit Komputer dengan Cepat dan Mudah'.

Semoga dapat meningkatkan pengetahuan tentang komputer gaming.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment