Contoh Pendahuluan Makalah

Contoh Pendahuluan Karya Tulis tentang Pemanfaatan Biodiesel


BAB I
PENDAHULUAN


1.1    Latar Belakang dan Rumusan Masalah
1.1.1        Latar belakang masalah
       Pada era globalisasi ini teknologi semakin sangat dibutuhkan oleh manusia sehingga semakin banyaknya penggunaan teknologi-teknologi canggih yang dapat memenuhi kebutuhan manusia, dan banyak dari teknologi itu yang harus memerlukan bahan bakar untuk bekerja. Kendaraan bermotor, pesawat, kapal laut, mesin-mesin, generator listrik, dan masih banyak lagi teknologi yang memerlukan bahan bakar. Tidak sebanding dengan penggunaan teknologi yang meningkat, bahan bakar semakin hari semakin menipis. Dibutuhkan suatu inovasi berupa bahan bakar yang dapat diperbaharui.
       Dewasa ini semakin banyak inovasi untuk mengatasi kelangkaan bahan bakar minyak, seperti adanya mobil listrik dan mobil bertenaga cahaya matahari. Namun inovasi-inovasi tersebut masih banyak kekurangannya, seperti biaya yang tinggi dan kurang praktis. Masyarakat membutuhkan bahan bakar yang ramah lingkungan dan dapat digunakan layaknya bahan bakar minyak.
       Penggunaan tanaman jarak sebagai pengganti bahan bakar minyak merupakan salah satu solusi yang paling ampuh, karena selain ramah lingkungan, bahan bakar yang dihasilkan dari tanaman jarak juga dapat digunakan layaknya bahan bakar minyak. Tanaman jarak dapat dibuat menjadi biodiesel dan dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk kendaraan bermesin diesel dan hal lainnya. Sebenarnya penggunaan tanaman jarak sebagai bahan bakar biodiesel sudah pernah dimanfaatkan pada masa penjajahan Jepang di Indonesia, sayangnya masyarakat Indonesia tidak dapat mencontoh dan mengembangkan hal ini karena minimnya teknologi pada saat itu. Sekarang ini teknologi sudah semakin canggih dan sudah semakin banyak orang-orang cerdas dan terampil di Indonesia, sudah saatnya masyarakat Indonesia mengembangkan tanaman jarak sebagai bahan bakar biodiesel yang ramah lingkungan.
       Bandung sebagai salah satu kota besar yang berada di dataran tinggi dan tempat berdirinya institut teknologi terbaik di Indonesia sangat cocok sebagai tempat untuk pengembangan tanaman jarak sebagai bahan bakar biodiesel. Dengan demikian, kami mencoba meneliti pengembangan tanaman jarak sebagai bahan bakar biodiesel di Bandung.

1.1.2        Rumusan masalah
       Berdasarkan latar belakang di atas, muncul persoalan yaitu bagaimana pengembangan tanaman Jarak sebagai bahan baku biodiesel di Bandung ?

1.2    Tujuan Penelitian dan Manfaat
       Tujuan yang hendak dicapai dalam penulisan laporan ini adalah untuk mengetahui pengembangan tanaman Jarak sebagai bahan baku biodiesel di Bandung.

1.3    Ruang Lingkup Kajian
       Untuk menjawab rumusan masalah di atas perlu pengkajian beberapa pokok, yaitu:

  • tanaman Jarak,
  • pemanfaatan tanaman Jarak sebagai bahan baku biodiesel,
  • tanaman Jarak sebagai energi alternatif,
  • perbandingan diesel biasa dengan biodiesel tanaman Jarak.

1.4    Anggapan Dasar
       Minyak jarak bisa menggantikan minyak diesel untuk menggerakkan generator pembangkit listrik. Karena pohon jarak bisa ditanam di hampir seluruh wilayah Indonesia. Berbeda dengan biodiesel lain,minyak jarak tidak perlu etanol atau methanol seperti yang lain. Penggunaannya juga bisa 100 persen, tidak perlu dicampur solar lagi. (Dr. Ir. Robert Manurung M.Eng)

1.5    Hipotesis
       Minyak dari tanaman Jarak dapat dimanfaatkan di hampir seluruh wilayah Indonesia untuk kebutuhan bahan bakar kendaraan dan bahan bakar pembangkit listrik.

1.6    Metode dan Teknik Pengumpulan Data
1.6.1        Metode
       Penelitian ini bersifat deskriptif analitis, yaitu mendeskripsikan data dari pustaka dan internet kemudian dianalisis.

1.6.2        Teknik pengumpulan data
       Pada penelitian kali ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka.

1.7    Sistematika Penulisan
       Penulisan laporan penelitian ini terbagi menjadi lima bab, yaitu pendahuluan, teori dasar tanaman jarak sebagai bahan baku biodiesel, gambaran umum Bandung, analisis pengembangan tanaman jarak sebagai bahan baku biodiesel di Bandung, simpulan dan saran. Pada bab satu akan dibahas mengenai latar belakang pengangkatan aspek laporan penelitian ini, rumusan masalah, tujuan penelitian, ruang lingkup kajian, metode dan teknik pengumpulan data pada laporan penelitian ini, serta sistematika penelitian. Pada bab dua akan disajikan penjelasan tanaman jarak, penjelasan biodiesel, definisi dari energi alternatif, keefektifan tanaman jarak, regulasi penggunaan tanaman jarak dan pengembangan tanaman jarak. Pada bab tiga akan menjabarkan dan menganalisis potensi daerah pertanian di Bandung,sarana penunjang pertanian di Bandung, sumber daya manusia, pengembangan kuantitas pengembangan tanaman jarak, peningkatan kualitas pertanian, dan pemberdayaan peran serta masyarakat khususnya di Bandung.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment