5 Cara Belajar yang Optimal

5 Cara Belajar yang Optimal


Belajar adalah suatu kegiatan menambah pengetahuan dengan cara membaca, mendengar ,melihat dan lain sebagainya. Belajar juga bisa dilakukan sambil bermain, hal itu tergantung dari kemampuan dan kemauan masing-masing orang.

Berikut adalah 5 cara belajar yang optimal:


1. Mantapkan niat.


5 Cara Belajar yang Optimal


Semua kegiatan harus didasarkan dengan niat. Kenapa? Karena jika belajar didasari dengan niat kita akan belajar dengan sungguh-sungguh dan tidak akan merasa beban dalam mengerjakannya. Belajar dengan sungguh-sungguh akan membuat waktu belajar kita lebih efektif tanpa perlu banyak membuang-buang waktu. Dengan belajar tanpa beban, belajar kita akan berjalan dengan lancar dan tenang.

Niatkanlah untuk mendapatkan ilmu sehingga ilmu itu akan masuk dengan sendirinya. Selain itu secara tidak langsung dengan belajar kita sudah mendapatkan pahala karena niat yang baik. Ingat orang yang memiliki niat baik akan mendapatkan hasil yang baik juga.



2. Luangkan waktu.

5 Cara Belajar yang Optimal


Belajar mau tidak mau pasti menghabiskan waktu. Dan jika tidak ada waktu maka kita tidak bisa belajar. Oleh karena itu luangkanlah waktu untuk belajar. Kenapa? Jika tidak meluangkan waktu maka serasa waktu kita tidak cukup untuk belajar.

Dengan meluangkan waktu untuk belajar, belajar akan terasa lebih tenang. Tidak dikejar-kejar waktu sehingga belajar lebih optimal. Belajar pun jadi bisa dilakukan setiap saat. Tanpa perlu menunggu waktu khusus saat ada tugas atau ujian dan berbagai hal lainnya.



3. Konsentrasi atau fokus.

5 Cara Belajar yang Optimal


Pernahkah kalian saat kuliah/sekolah selama 2-7 jam di kelas tapi merasa tidak mendapat apa-apa? Mungkin itu disebabkan kalian kurang konsentrasi atau fokus. #adaaqua? Hehe mungkin pernah kalian tau hashtag diatas, dan ya hal itu memang benar. Kurang konsentrasi atau fokus dapat mengurangi esensi belajar.

Fokus menguntungkan untuk kita dalam belajar, karena ilmu yang sudah dipelajari akan menempel erat dipikiran kita sehingga hasil dari belajar tidak sia-sia. Konsentrasi menjadi komponen penting dalam kegiatan belajar kita sehingga jauh lebih optimal.



4. Lakukan saat mood baik.

5 Cara Belajar yang Optimal


Manusia adalah makhluk sosial. Makhluk sosial memiliki perasaan. Perasaan tersebut bisa disebabkan oleh orang lain maupun karena diri sendiri. Perasaan pada masa kekinian ini sering kita sebut dengan mood. Mood sangat berpengaruh dengan hasil kerja seseorang. Seseorang yang sedang sedih pasti hasil kerja tidak akan semaksimal saat sedang bahagia.

Mood berpengaruh dalam belajar. Jika sedang bahagia cobalah untuk belajar. Hasil yang didapatkan pasti akan maksimal karena dikerjakan dengan senang hati. Sebaliknya hindarilah belajar saat mood sedang tidak baik. Mood yang tidak baik akan menyebabkan kegiatan belajar kita tidak maksimal dan malah terkesan membuang-buang waktu. Lebih baik perbaiki mood terlebih dahulu baru mulai belajar.



5. Buatlah mindmap.

5 Cara Belajar yang Optimal


Belajar dengan membaca tulisan setebal 1200 halaman? Hmm. Pasti membosankan ya. Tapi seperti itulah mungkin yang akan kita hadapi saat belajar dalam kuliah misalnya. Untuk dapat memahaminya pasti akan rumit. Menghafal kata demi kata bukanlah cara yang efektif untuk memahami materi.

Oleh karena itu buatlah mindmap. Apa itu mind map? Ya. Mindmap adalah rangkuman dari suatu materi yang menggambarkan secara umum inti dari materi tersebut. Sehingga saat belajar dengan mengetahui intinya, akan dapat kita turunkan detail-detail dari inti materi yang umum tersebut.


Itulah 5 cara belajar yang optimal. Semoga dapat menambah informasi kalian, semoga sukses dalam belajar untuk kalian yang sedang sekolah atau kuliah. 😊😊😊

Previous
Next Post »
Thanks for your comment